RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MTs
......................................
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi
Waktu : 2×40 menit (1 kali
pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2.
Melaksanakan tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi
B.
Kompetensi Dasar
2.1
Menjelaskan tatacara shalat lima waktu
2.2
Menghafalkan bacaan shalat lima waktu
Indikator
Ø Siswa mampu menjelaskan
pengertian shalat.
Ø Siswa mampu menjelaskan
syarat-syarat shalat.
Ø Siswa mampu menjelaskan
rukun shalat
Ø Siswa mampu menjelaskan
sunnah shalat.
Ø Siswa mampu menjelaskan
hal-hal yang membatalkan shalat.
Ø Siswa mampu menghafalkan
bacaan shalat.
C.
Tujuan Pembelajaran
Ø
Siswa
dapat menjelaskan pengertian shalat.
Ø
Siswa
dapat menjelaskan syarat-syarat shalat.
Ø
Siswa
dapat menjelaskan rukun shalat
Ø
Siswa
dapat menjelaskan sunnah shalat.
Ø
Siswa
dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan shalat.
Ø
Siswa
dapat menghafalkan bacaan shalat.
v Karakter
siswa yang diharapkan:
Ø Religius, jujur, mandiri,
tanggung jawab.
D. Materi
Pembelajaran
Ø Shalat fardhu
E. Metode
Pembelajaran
Ø Ceramah : Metode ini
digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
Ø Kerja kelompok.
Ø Diskusi.
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
awal
Ø Memberikan salam.
Ø Menyapa dan mengabsensi
siswa.
Ø Mengawali pelajaran
dengan berdoa.
Apersepsi:
Ø Memberikan pertanyaan
pelajaran yang lalu dan materi shalat fardhu.
Motivasi:
Ø Memberikan informasi
tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat fardhu.
Kegiatan inti
Ø Siswa membaca
literatur/referensi tentang shalat fardhu.
Ø Guru menjelaskan
pengertian shalat fardhu.
Ø Guru menjelaskan syarat,
rukun dan sunnah shalat fardhu, serta hal-hal yang membatalkan shalat.
Ø Siswa mencermati
penjelasan guru sambil mencatat yang dianggap penting.
Kegiatan akhir
Ø Tanya jawab tentang
materi shalat fardhu dan tentang tatacaranya.
Ø Guru memberikan tugas
untuk mencari pengertian shalat fardhu dan tatacaranya untuk pertemuan
selanjutnya.
G. Sumber
Pembelajaran
Ø Buku Paket
Ø LKS
H. Penilaian
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Indikator pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh instrument
|
Ø Religius, jujur,
mandiri, tanggung jawab.
|
Ø Siswa dapat menjelaskan
pengertian shalat.
Ø Siswa dapat menjelaskan
syarat-syarat shalat.
Ø Siswa dapat menjelaskan
rukun shalat
Ø Siswa dapat menjelaskan
sunnah shalat.
Ø Siswa dapat menjelaskan
hal-hal yang membatalkan shalat.
Ø Siswa dapat
menghafalkan bacaan shalat.
|
Tes
tulis
Menghafal
|
Uraian
Hafalan
|
Ø Jelaskan pengertian shalat!
Ø Jelaskan syarat-syarat
shalat!
Ø Sebutkan rukun shalat!
Ø Sebutkan sunnah shalat!
Ø Sebutkan hal-hal yang
membatalkan shalat!
Ø Hafalkan niat shalat
shubuh!
|
Mengetahui Pacitan, Juli 2014
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Fiqih
(.............................) (................................)
0 komentar:
Posting Komentar